Satin Merah : Aku Hanya Ingin Menjadi Signifikan


Ini dia buku yang membuat saya hanya mebutuhkan waktu 3 jam untuk melahap habis seluruh isi buku. Plus membuat parno saat harus pergi ke kamar mandi sesudahnya.. Hahah

Satin Merah adalah sebuah novel bergenre mistery-thriller karya Brahmanto dan Rie. Dan uniknya justru diterbitkan oleh penerbit yang identik dengan novel roman, Gagas Media.

Bercerita tentang Nadya, seorang siswi SMU, yang berambisi untuk membuktikan bahwa dirinya bisa menjadi ‘lebih’. Dan lomba pelajar berprestasi se-Bandung Raya adalah jalan yang dia tempuh.
Nadya, yang lolos seleksi tahap kedua, diharuskan membuat karya tulis setebal 30 hingga 50 halaman. Mengangkat tema yang ‘agak’ rumit dan berbeda yaitu sastra Sunda, mempertemukan Nadya dengan beberapa orang yang berkompeten di dalam dunia sastra. Mulai dari Yahya Soemantri (sastrawan Sunda), Didi Sumpena (spesialis cerita kriminal), Nining (sastrawan senior yang filosofi penulisannya berbasis cinta) dan Lina Inawati, seorang dosen Sastra Sunda di Unpad.
Cerita semakin rumit saat Yahya menghilang secara misterius, lalu muncul sebuah karya yang memiliki ciri khas sama dengan gaya penulisannya selama ini. Dan tak lama, Didi pun turut menghilang dengan cara yang sama. Misterius dan sebuah tulisan dengan ciri khasnya pun muncul. Misteri itu semakin berlanjut ketika Nining dikabarkan meninggal, karena racun sianida yang tercampur dengan secangkir kopi yang dia minum.

Yang membuat  novel ini terasa beda, tentu saja, genre misteri yang diangkat di tengah gencarnya novel-novel roman yang beredar di pasaran. Belum lagi keputusan untuk mengangkat Sastra Sunda sebagai latar belakang cerita. Two thumbs up for writers! \m/

Novel ini seakan mengingatkan kita pada budaya dan sastra daerah lain yang bernasib serupa dengan Sastra Sunda di dalam cerita. Hampir punah! Mungkin benar pemikiran Lina dalam cerita ini, kita butuh inteligen budaya untuk mengantisipasi semua.

Dan, seperti pesan dua penulis di dalam buku… Jangan berhenti membaca runut ceritanya, hingga Anda tahu apa arti ‘Satin Merah’ yang sebenarnya.

SELAMAT MEMBACA! :D

Advertisements

4 thoughts on “Satin Merah : Aku Hanya Ingin Menjadi Signifikan

  1. Makasih udah nulis resensi Satin Merah. Hm, kamu sepertinya paham banget ya dg isi novel ini. Senang jg bisa tahu kalau kamu jg menikmatinya. Jerih payah kami terbayar lunas deh :)

  2. am I only dreaming? *kucek2 mata*

    Gak nyangka di-komen penulisnya sendiri… *_* Jadi bingung, mau ngomong apa… Tapi aku suka banget novelnya!! :))

    Ditunggu karya barunya, Mz Brahm… xoxoxo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s