Senin Pagi


Senin pagi adalah terjebak dalam rasa jengah untuk kembali sibuk. Keengganan untuk mengakhiri masa libur yang juga tidak terlalu mengesankan: Sabtu malam yang ditemani manuskrip Gaston Leroux serta Minggu yang diawali dengan kepingan DVD Supernatural dan berakhir tenang dalam alunan lagu-lagu Owl City dan Coldplay.

Kembali mengakrabi secangkir kopi ginseng yang kurang pahit, sepiring nasi goreng pedas buatan ibu, tumpukan arsip di atas meja kerja dan gulungan surat kabar yang tidak sempat dibaca.

Jengah…
Enggan…
Malas…
Bosan…

Hingga akhirnya waktu mengingatkan, aku punya satu kabar yang ingin kudengar: berita dari lapangan tanah liat Roland Garros di Prancis―yang kutinggal tertidur pulas pada saat set keempat. Juga beberapa hal yang ingin kulakukan di hari ini: menikmati semangkuk bakwan Malang dan segelas es kelapa muda di depan kantor, lagu-lagu Michael Learn to Rock dari winamp komputer kantor, menulis sebuah puisi pendek yang biasa kulakukan di sini dan merasakan paparan sinar matahari pagi saat berangkat menuju kantor.

Kemudian dengan segaris senyum aku mulai berani berkata, “Senin pagi ternyata tidak selalu menjemukan.” Ah bukan, memang tidak dan seharusnya aku yang mulai terbiasa dengan pergantian hari yang begitu cepat―seperti halnya aku membiasakan diri dengan pergantian cuaca, iklim dan mode. Berpikir bahwa setelah hari Senin, aku akan melewati Selasa, Rabu, Kamis, Jum’at dan akhirnya aku tiba kembali di akhir pekan.

Mungkin selama ini aku telah melupakan sesuatu yang penting bahwa pagi akan selalu memberiku sebuah kesempatan untuk melanjutkan beberapa hal yang terpaksa harus ditunda karena datangnya malam. Tidak terkecuali, Senin pagi.

“Tiap kali kita perlu belajar lagi tentang hal-hal yang nyaris dilupakan. Misalnya tentang Senin pagi, setelah libur panjang.” ~ Goenawan Mohamad

Leave a Reply

