Ketika Hujan


Aku selalu berkata, kamu dan hujan adalah satu paket tak terpisahkan. Dan saat hujan turun, hal pertama yang terlintas di pikirku adalah kamu…

Memories are warm you up the inside. But they’re also what tear you apart. ~ Haruki Murakami

Seharusnya, aku mencoba untuk tidak mengenang kamu lagi. Bukan seperti sekarang, aku duduk di tepi jendela dan menghadap ke luar. Menikmati rinai hujan sembari menggenggam secangkir coklat panas, lalu membiarkan pikiranku terbang kembali ke masa tiga tahun lalu.

Aku tersenyum, kamu tahu? Mengenang hal-hal yang pernah kita lewati bersama adalah sebuah kegiatan menyenangkan―sangat menyenangkan.

Dan, well, aku selalu bisa menikmatinya. Meski kerap kali aku dibuat merindukan hari di mana kita berbaur dengan sedikit orang yang nekat menembus deras hujan dengan alasan berbeda; saat kamu mencipratkan air hujan ke wajahku; saat kita berbagi sepotong cake keju. Juga guyonan-guyonan garing dan cerita-cerita absurd yang sering kita lontarkan di sela kesibukan kita. Itu sudah cukup membuat bibirku mengulas sebuah senyum indah dengan pipi bersemu merah. Merasakan hangat mengalir di tubuhku saat mengenang.

Hingga akhirnya aku sampai pada scene selanjutnya: hari-hari setelah kita memutuskan untuk berjalan sendiri-sendiri, waktu yang kubuang percuma untuk mengharapkan sebuah keajaiban, harapan kosong akan wacana penerimaan kembali dan setahun lalu, saat kamu mengikat janji. Dan tanpa kusadari, ada cairan bening yang menggantung di sudut mata. Mencoba merangsek agar luruh dan kemudian lesap dalam pori-pori kayu.

Hujan, kamu dan kenangan itu.

Akhirnya masih sama. Senyum itu hanya sejenak, rasa hangat itu berlalu dengan cepat, kemudian berganti dengan satu rasa yang masih saja hinggap.

Perih…

Leave a Reply

