Farewell


Maybe, it’s easy for you to say goodbye…

Kita pernah bersepakat, kita tidak akan pernah bicara tentang masa yang lalu―tidak sekarang, tidak juga di masa yang akan datang. Meski aku mengangguk, kamu pun sebenarnya tahu bahwa aku hanya terpaksa berkata iya.

Dan di saat langkah kakiku menjauh, aku mulai sering melongok ke belakang. Aku pun semakin mengerti, kita tidak lagi berjalan beriringan. Jalan kita kini terpisah: kamu ke barat, dan aku berjalan ke arah timur.

Mulanya, kupikir ini adalah keputusan terbaik yang pernah kita buat. Setidaknya aku dan kamu akan berhenti saling menyakiti satu sama lain. Kita tidak perlu lagi berdebat hanya karena hal-hal remeh yang tidak penting. Kita pun tidak perlu merasa akan dibunuh rindu karena jarak yang memisahkan kita terlalu jauh. Dan perpisahan kita hanya akan meninggalkan sedikit luka yang nantinya akan segera sembuh seiring berjalannya waktu.

Kita tetap baik-baik saja. Pun ketika kamu datang dan bilang kamu tengah jatuh cinta pada orang lain, aku masih bisa tersenyum seperti biasa dan berkelakar bahwa kamu selangkah lebih maju dariku. Kamu balas mengolokku yang katamu terlalu enggan membuka hati.

Aku tertawa. Kamu tertawa, kita tertawa bersama-sama. Seolah kebahagiaanmu itu memang sepatutnya kita rayakan bersama.

Tapi sepertinya aku tidak pernah sadar, ada rasa yang sebenarnya berulang kali kucoba agar enyah. Agar hilang begitu saja sebelum sempat kurasakan.

Dan saat kulihat bayangmu semakin mengecil di ujung sana, aku mulai menyadari bahwa sebenarnya aku baru saja merasakan sebuah kehilangan. Kehilangan yang jauh lebih pahit daripada yang pernah kubayangkan.

I’m not angry, neither. I should be, but I’m not. I just feel pain. A lot of pain. I thought I could imagine how much this would hurt, but I was wrong. ~ Haruki Murakami (South of The Border, West of The Sun)

Leave a Reply

