Rindu Itu Kamu


Rindu itu kamu. Saat campuran warna biru, jingga, unyu dan keemasan melumuri kaki langit di setiap sore. Lalu tanpa sadar, aku mulai meniru setiap gerikmu; meraih sebuah kamera saku dari atas meja kerja dan mengambil sepotong senja untuk kamu.

Rindu itu kamu. Saat sebuah gramofon tua melantunkan serenade di sebuah kafe sudut kota. Sambil meneguk cappucino hangat, aku mereguk setiap kenangan bersama kamu. Waktu-waktu yang pernah kita habiskan bersama di tepian kota.

Rindu itu kamu. Pada hari-hari hujan, dan aku tidak menemukan seorang kawan yang mau menemaniku menari di bawah deras hujan. Yang akan saling memercikkan tetesan hujan lalu mengakhirinya bersama semangkuk mie rebus dan secangkir cokelat panas.

Rindu itu kamu. Dalam sebuah perjalanan yang membuat kita terpisah sementara waktu. Waktu itu kita sama-sama pernah bilang, jarak bukanlah sebuah masalah yang besar. Tapi dalam setiap langkahku, aku mulai bertanya-tanya tentang kemungkinan yang akan terjadi. Kembali atau justru semakin jauh.

Rindu itu kamu. Ketika aku menuliskan ucapan selamat ulang tahun pada selembar kartu pos dari kota tempatku. Ada banyak harapan yang kutitipkan di sana. Kamu juga rindu, dan kita akan segera kembali.

Rindu itu kamu. Pada secarik surat yang kutuliskan semalam. Aku masih bercerita tentang banyak hal padamu. Tentang sebuah perjalanan yang baru saja kulakukan, pertemuan, perpisahan serta sebuah kehilangan. Dan aku harus menunggu lama untuk mendengar tanggapan darimu.

Rindu itu kamu. Di pagi hari yang menusuk, aku mulai menulis tentang kamu. Yang entah bagaimana, hal ini sudah cukup membuat bahagia dan tersenyum seharian.

Rindu itu kamu. Yang ketika ak memejamkan mata, hanya ada bayanganmu yang menari-nari di benakku. Tersenyum begitu manisnya. Lalu saat membuka mata dan tidak kutemukan kamu di sisiku, aku mencari satu nomor di ponsel. Kemudian menekan satu tombol: CALL.

Leave a Reply

