Jika


Bolehkah jika aku bertanya-tanya tentang satu kesempatan yang belum kita miliki hingga detik ini? Tentang satu pertemuan yang telah lama kudambakan. Antara kamu dan aku.

Aku pernah bermimpi, kamu dan aku berada di satu tempat sama. Kita berdiri berdampingan mengagumi senja yang mulai melumuri langit dengan campuran warna jingga, ungu, biru atau emas. Kita duduk di salah satu kafe di ujung jalan sambil bercerita tentang apa yang telah kita lalui sebelum hari ini tanpa menyadari bahwa cangkir kopi kita sudah mengering sedari tadi.

Hanya kamu dan aku.

Dan aku pun bermimpi, sebelum itu semua kamu dan aku saling mengulurkan tangan. Kamu akan menyebut namamu sambil tersenyum kecil, begitu juga denganku. Setelahnya, kita akan menertawakan sebuah kebodohan di masa lalu. Saat aku dan kamu hanya bisa saling bertukar isyarat tanpa sempat memperkenalkan diri.

“Hai, namaku… Apa kamu ingat kejadian sepuluh tahun lalu?”

Aku akan mengangguk, tentu saja. Kamu mungkin hanya akan menunjukkan sedikit keterkejutanmu. Dan kita akan tertawa, berbagi cerita. Seharian penuh.

Aku bermimpi. Seandainya kamu dan aku tidak lagi memiliki kesempatan itu, aku pun tidak akan merasa keberatan. Satu pertemuan yang lalu mungkin sudah cukup untuk kita miliki. Pertemuan yang hanya cukup menumbuhkan satu harapan dan mimpi untuk satu perjumpaan lain di waktu nanti.

Hanya mimpi. Sekedar harapan. Namun setidaknya, dua hal sudah cukup membuatku senang.

Meski mungkin saja kamu adalah satu dari sekian banyak orang yang bisa kutemui sekali seumur hidup. Sekali, seperti yang kita sama-sama tahu: kita hanya bertemu sekali.

Jika pun nanti aku tidak akan melihatmu lagi, aku masih punya sekeping ingatan tentang kamu; senyummu dan isyarat yang begitu mudah kumengerti, juga perubahan yang kamu bawa dalam hidupku. Dan ke mana pun takdir akan membawaku―ke satu pertemuan denganmu lagi atau tidak―setidaknya ada satu kisah indah yang tidak mungkin terulang dalam hidupku, dengan kamu di dalamnya.

Leave a Reply

