Ketika Hujan [2]


Dan aku mulai merasa iri pada mereka yang sedang jatuh cinta. Sementara, aku masih sibuk meredam setiap kenangan yang bermunculan di kepala. Kenangan tentang kamu.

Hari ini pun sama.

Ada satu lagu yang serta merta bisa langsung membuatku ingat kamu. If You’re Not the One. Daniel Bedingfield.

Kamu mungkin akan bilang, aku bodoh jika saja masih mengingat hari itu. Hari di mana kamu mengirimkan lagu itu saat kita dipisahkan jarak. Tapi aku bilang, aku memang terlalu melankolis. Lalu, hal-hal sekecil apa pun yang berhubungan dengan kita―sebenarnya, sebutan ini kini hanya ada dalam potongan cerita di masa lalu―akan langsung membuatku ingat.

Padahal, aku sendiri tahu bahwa hidup selalu menyiapkan satu kejutan manis di setiap liku jalannya. Jika seperti kata Marilyn Monroe: “I believe that everything happens for a reason. People change so that you can learn to let go, things go wrong so that you apprecite then when they’re right, you believe lies so you eventually learn to trust no one but yourself, and something good things fall apart so better things can fall together.”

Jadi, hari kita bermain di bawah hujan itu sebenarnya adalah suatu tanda bahwa kamu juga hanya akan singgah sejenak lalu berlalu. Tentang Juni tahun lalu hingga hari-hari yang kuhabiskan untuk mengenang kamu, mungkin akan menjadi lebih mudah jika itu kuartikan sebagai sebuah badai. Dan nanti, saat badai itu sudah berlalu dan aku berhasil keluar, aku bukan lagi ‘orang’ yang sama seperti saat sedang jatuh cinta empat tahun yang lalu.

Kalau sekarang aku masih saja mengingat kamu, itu pun bukan berarti bahwa aku belum bisa move on―atau apalah kamu menyebutnya. Mungkin itu karena kamu memang pantas dikenang, atau aku butuh jatuh cinta secepatnya. Tapi satu hal yang ingin kuyakini, bahwa kamu bukan dia yang akan menjadi ‘the one and only’ dalam hidupku.

Leave a Reply

