Ketika Hujan [5]


Aku selalu menyukai hujan di pagi hari. Hujan yang membuatku terpaksa melipat ujung bawah celanaku sampai hampir selutut, dan berjalan sambil melompat-lompat kecil untuk menghindari kubangan air berwarna keruh saat berangkat kerja. Dengan sebuah payung di tangan, aku bisa berjalan menuju halte terdekat―memainkan tetesan air hujan yang jatuh dari ujung-ujung kawat pengaitnya. Kemudian, aku pun bisa mendengar omelan dan suara gerutuan orang-orang tentang tetesan air yang menurut mereka datang terlalu pagi.

Mereka sama sepertiku. Dituntut waktu untuk harus berada di hadapan meja kerja tepat pukul delapan pagi. Menghadapi setumpuk arsip pada Senin pagi yang membuat hampir sebagian orang membenci awal minggu.

Tapi, sementara mereka tak henti memasang wajah sebal, aku memilih mematikan Ipod dan melepaskan earphone dari daun telinga. Membiarkan suara hujan menyelinap, dan menggantikan ritual pagiku dengan musik-musik klasik. Aku tersenyum. Tipis. Seperti kataku dulu, kebahagiaanku seringkali muncul dari hal-hal sederhana. Dan ternyata, suara alam jauh lebih menenangkan dan menyenangkan ketika kita terputus dari tekhnologi dan mau menyisihkan sedikit ruang serta waktu untuk mendengar.

Hujan sama seperti cinta. Kita tidak pernah tahu kapan ia akan datang, terlalu dini atau justru nanti saat larut. Dan seringkali, kita dibuat terkecoh dengan pertanda yang kita lihat.

Pun demikian dengan kamu. Setiap pertanda yang ada, tak pernah cukup membuatku tahu berapa jumlah liku jalan lagi yang harus kutempuh hingga hari itu―pertemuan kita.

Mungkin, kamu akan datang seperti hujan di pagi hari. Terlalu dini, mengendap diam-diam. Dan aku tak pernah menyadari kehadiranmu sama sekali hingga aku melebur dalam derasnya seperti pagi tadi.

Leave a Reply

