Let Go


Aku mulai merindukan senja. Rasanya, tidak melihatnya ketika dalam perjalanan sepulang kerja seperti melepaskan orang yang kamu cintai pergi. Ya, aku memang sedikit berlebihan.

Dan saat aku mengatakan itu padamu, kamu tertawa. Bukankah kamu juga menyukai hujan? Tanyamu seketika membuatku sedikit limbung. Dua hal yang kusukai ternyata saling bertolak belakang. Mereka muncul bergantian―saat yang satu ada, maka aku kehilangan satu lainnya.

Ini seperti hukum alam, begitu katamu. Saat kita mendapatkan satu, maka kita melepas dalam jumlah yang sama. Seperti kata Nimeuh dalam legenda King Arthur dan Merlin: harus ada satu kematian untuk satu kelahiran yang terjadi―dengan begitu, maka alam akan tetap seimbang.

Terkadang, hidup memang terkesan lucu. Ia menawarkan begitu banyak hal untuk kita. Tapi, hidup seolah tak mau membiarkan kita menjadi serakah.

Jadi, aku pun mulai berpikir tentang pertemuan dan perpisahan yang terjadi―orang-orang datang dan pergi. Tanpa kusadari, ada banyak pertemuan yang diawali dari sebuah perpisahan, bukan hanya sebaliknya. Sebut saja, saat aku memutuskan resign dari kantor lama. Kemudian, saat aku mendapatkan rekan kerja baru di tempat yang baru juga.

Hukum alam, katamu. Itu kenapa orang suka menyebut, bahwa akhir adalah sebuah awal yang baru. Kehidupan baru. The new beginning always start in the end.

Ya, hidup ini memang penuh pengorbanan. Kita harus mau melepas hal yang sudah ada demi hal baru yang kita mau.

Sama seperti mimpi-mimpimu itu, lanjutmu. Terkadang, kamu harus melepas beberapa mimpi lama untuk memberi ruang untuk mimpi baru. Namun, bagaimana pun juga, selalu ada mimpi yang mampu bertahan. Mimpi itu, adalah mimpi yang seharusnya diperjuangkan.

Leave a Reply

