Up In Flames


So it’s over. This time, I know, it’s gone. Salt water, you tasted it too long. I only know one rule. Now I know, it’s gone.*

Mungkin, sesekali kita memang perlu menciptakan jarak. Sedikit lebih jauh sepertinya akan membuat kita merenungi lagi semua.

Semua. Dan mungkin kita takkan bisa merincinya satu per satu. Tapi yang kita sama-sama tahu, ada beberapa hal yang sebenarnya kita sangkal; keputusan yang terlalu takut untuk kita ambil.

Yang kuingat, kamu selalu bilang bahwa kita harus bertahan, atau setidaknya mencoba sampai kita tahu di mana batas kemampuan itu. Aku pun tak punya pilihan lain. Kita bertahan, sama-sama enggan beranjak. Entah karena terlalu takut memikirkan hal-hal yang akan terjadi saat kita berjauhan, atau terlalu takut untuk sendiri.

Tapi semakin jauh, aku merasa bahwa hubungan kita terasa begitu rapuh–sangat rapuh. Aku pun menyadari, tak seharusnya kita tetap di sini, memandang senja di tempat sama, serta masih saja berjalan bersisian.

Kita sama-sama lelah. Lelah untuk terus berusaha mengenggam jemari masing-masing. Lelah untuk selalu berjalan beriringan. Kemudian lelah karena selalu mencoba mengabaikannya.

Dan belakangan kita menyadarinya: genggaman tangan kita terlepas secara perlahan, jemari kita tak lagi saling bertautan. Lalu, kita mulai menggeser langkah kaki. Sedikit demi sedikit menciptakan jarak. Sebenarnya, kita telah mengambil arah yang berlawanan.

*) Up In Flames – Coldplay

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s