Trip IJen-Baluran #3: Insiden


Butuh waktu hampir dua jam untuk sampai di depan pintu gerbang Taman Nasional Baluran. Sepanjang perjalanan, saya sempat mengobrol ngalor-ngidul tentu arah dengan bapak sopir. Dari soal BBM, Hari Buruh, dan hal random lainnya. Katanya, sih, bapak itu hampir tiap hari mengantarkan penumpang dari dan ke Kawah Ijen. Ketika beliau berkata berasal dari Probolinggo, saya sempat membatin mengapa sampai begitu jauhnya mencari nafkah, toh di Probolinggo ada Bromo.

Sesampai di Baluran sekitar pukul sebelas, kami bertanya pada Mas Satpam yang sedang bertugas perihal sewa motor. TN. Baluran memiliki luas 250 hektar, jadi tidak memungkinkan menelusurinya dengan berjalan kaki.

Awalnya, sempat bernapas lega karena motor sewaan tersebut motor matik, tapi setelah membawa motor dari pos satpam ke tempat pembelian tiket, saya memutuskan untuk mengemudikan perlahan. Pasalnya, rem belakang motor benar-benar habis dan kondisi motornya benar-benar tidak layak pakai. Saya jadi ingat beberapa tulisan di blog orang, jangan mengharapkan dapat sewa motor bagus di sini.

Kondisi itu semakin diperparahkan dengan jalanan yang rusak. Sisa hujan sehari sebelumnya juga menyisakan kubangan air di mana-mana.

Jalan menuju Sabana Bekol. (dok. pribadi)
Jalan menuju Sabana Bekol. (dok. pribadi)

Kejutan kembali terjadi. Pada satu titik, hampir seluruh badan jalan tergenang dan menyisakan sedikit sekali bagian tak tergenang di pinggir. Berasumsi bahwa akan baik-baik saja lewat di sana, saya pun mengarahkan motor untuk melewatinya. Baru saja Febri mengutarakan pertanyaan apakah jalan itu licin atau tidak, tiba-tiba ban motor tergelincir, dan tidak perlu ditanya lagi bagaimana akhirnya. Yang pasti, karena hanya membawa satu celana, saya terpkasa pulang dengan celana kotor penuh lumpur di satu sisi. Hehe :P

Karena masih terkejut karena insiden tersebut, Febri mengambil alih kemudi. Sempat waswas karena itu pertama kalinya dia memakai motor matik, tapi Alhamdulillah perjalanan menuju Bekol tidak ada insiden berarti lagi. Kecuali, kesalahan dengan hanya menggunakan rem kanan ketika berhenti.

Beruntung cuaca waktu itu tengah cerah. Langit biru memayungi sabana yang tengah hijau-hijaunya. Meski begitu, kami tak langsung memasuki kawasan sabana. Melainkan minggir di sebuah bangku pinggir jalan untuk makan siang.

Sabana Bekol dari bangku kayu pinggir jalan. (dok. pribadi)
Sabana Bekol dari bangku kayu pinggir jalan. (dok. pribadi)

Dan karena mood sudah acak-acakan dan merasa capai, akhirnya kami memutuskan untuk tidak melanjutkan perjalanan ke menara (yang dari atasnya, seluruh sabana akan terlihat) dan Pantai Bama. Sebenarnya sedikit merasa sayang. Tapi kami sudah bersepakat untuk kembali ke TN. Baluran ketika musim kering tahun depan.

Pukul dua siang, kami pun beranjak dan menunggu bus yang akan membawa kami ke Ketapang, Banyuwangi. Ada kejadian menyebalkan ketika menaiki angkot dari Terminal Sritanjung menuju ke Pelabuhan Ketapang. Untuk jarak yang kurang dari satu kilometer, kami ditarik ongkos sebesar Rp15,000.00 untuk dua orang! Mahal, kan? Saya tidak tahu apakah itu benar tarif resmi dari dishub Banyuwangi atau bukan. Padahal, di Jember atau Malang, tarif angkot maksimal Rp5,000.00/per orang untuk sekali jalan.

Sabana Bekol. (dok. pribadi)
Sabana Bekol. (dok. pribadi)

Rincian biaya trip Ijen-Baluran Mei 2015

  • Bus Jember – Situbondo : 14,000.00
  • Situbondo – Bondowoso : 7,500.00
  • Terminal Bondowoso – Perkebunan Blawan : 25,000.00
  • Perkebunan Blawan – Ijen : 0
  • Tiket masuk Kawah Ijen : 7,500.00
  • Ijen – Baluran : 75,000.00
  • Tiket masuk TN. Baluran : 17,000.00
  • Sewa motor : 100,000.00 (dibagi 2 jadi 50,000.00)
  • Baluran – Terminal Sritanjung : 10,000.00
  • Terminal Sritanjung – Ketapang : 7,500.00
  • Tiket KA Pandanwangi Malam (Banyuwangi – Jember) 8,000.00
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s