Split, Eh?


image

Perkenalan (dalam tanda kutip) saya dengan Split berawal sejak 4-5 tahun lalu. Ketika itu salah seorang teman berkata, “Eh, aku baru denger ada kota di Kroasia namanya Split?” Dan hal pertama yang terlintas dalam pikiran saya adalah dia hanya bercanda. Serius, bagaimana bisa sebuah kota dinamai dengan nama seperti itu?

Karena kepo dan terlalu banyak waktu luang, eh?, saya memutuskan untuk googling. Iya, kota ini memang benar eksis!

Dan sekitar tiga tahunan lalu, nama kota ini kembali muncul ketika saya membaca House of Hades, buku keempat dari seri Heroes of Olympus. Beberapa hal yang paling saya ingat dari adegan di kota ini bukan hanya antara Eros dan Nico de Angelo yang membuat saya meringis saking kagetnya. Tapi juga perkataan Leo Valdes sebelum mereka merapat di dermaga, “It’s time to Split!”

Sebelumnya saya tidak pernah memiliki mimpi untuk menginjakkan kaki di Semenanjung Balkan. Balkan bagi saya terlalu lekat dengan perang di tahun 90-an yang sering saya dengar ketika saya masih SD. Dan semuanya berubah. Penghuni teratas daftar kota yang ingin saya kunjungi tak lagi hanya Amsterdam dan NYC.

Saking demennya saya dengan kota ini, saya sampai berniat untuk menulis novel dengan Split sebagai latar tempat, yang belum kelar juga sejak dua tahun lalu akibat kemalasan saya. Tapi setidaknya saya menuliskan sedikit di cerpen yang dimuat di Femina beberapa bulan lalu. (Iya, ini pembelaan biar nggak ditagih 😝)

Jadi, kenapa saya menulis tentang ini? Tak lain dan tak bukan karena saya baru mbeli NG Traveler November dan ada Split di sana. Seuprit sih, tapi senangnya bukan main.

Leave a Reply

