Warna-Warni Moss Rose nan Memesona


Perkara bernostalgia memang kerap memengaruhi keputusan yang saya ambil. Bahkan, dalam urusan berkebun.

Setahun belakangan, hobi yang pernah saya gemari ketika duduk di bangku sekolah ini, kembali muncul. Meski awalnya hanya sekdar iseng, namun berkebun rupanya menjadi obat stress dan pelarian ketika mulai jenuh menulis. Karenanya, ketika hobi itu mulai berjalan setengah tahun, saya mulai merasa kangen akan bunga-bunga yang dulu menghiasi halaman rumah saya.

Moss Rose
Moss rose yang dulunya gampang ditemui di pinggir jalan. (dok. pribadi)

Dulu, belasan tahun lalu, moss rose (kebanyakan orang kerap menyebutnya krokot atau bunga pukul sembilan) begitu mudah saya temui di pinggiran jalan. Bahkan, di sepanjang jalan lingkungan saya bunga ini terhampar cantik dengan warna-warna ungu dan merah muda.

Jadi, ketika ingatan akan bunga ini muncul di benak, saya mulai bergerilya mencari. Akhirnya, dari tetangga seorang kerabat, saya mendapatkan beberapa batang stek moss rose. Warnanya, tentu saja ungu dan merah muda.

Puas? Tidak. Karena rasanya kurang berwarna-warni, saya mulai googling untuk mencari tahu apakah ada warna yang lain. Dan ternyata, banyak. Sangat. Dari sana juga saya baru tahu kalau ada beberapa jenis moss rose. Gampangnya, ada dua: moss rose berdaun jarum (sepertinya gambar di atas) dan moss rose dengan daun bulat.

dsc07487
Moss rose berdaun bulat. (dok. pribadi)

Rupanya, akhir-akhir ini moss rose kembali digemari. Tentu saja karena penanamannya yang mudah (cukup ditancapkan di media tanam), perawatan yang tidak ribet, dan warna-warna yang cantik dan memesona.

Awalnya, saya mencoba mencari bunga satu ini di penjual bunga di Jember. Tapi, pilihan yang ada hanya terbatas pada warna-warna yang umum, saya mulai mencari di toko-toko daring.

Setelah mencoba beli di sana-sini (mulai dari Pati, Cirebon, Jakarta, Cilacap), ndilalah saya malah dipertemukan penjual moss rose yang berdomilisi di Jember. Dan, yang lebih menyenangkan lagi, koleksinya banyak dan lumayan lengkap. Meski tetap saja sering tidak kebagian, karena saya jarang buka fb di luar urusan kelas menulis. Tapi lumayanlah, buat mempercantik halaman rumah.

Omong-omong, tanaman satu ini sangat menyukai sinar matahari. Semakin lama terpapar sinar matahari pertumbuhan moss rose bakal semakin optimal dan semakin rajin berbunga.

Ini beberapa foto moss rose koleksi saya. Saking gampangnya tanaman ini tumbuh, koleksi moss rose saya yang semula hanya beberapa pot, kini sudah menjadi 20-an pot lebih. Membuat saya betah berlama-lama menatapnya sebelum berangkat kerja. :D [L]

Moss rose carnation (dok. pribadi)
Moss rose carnation (dok. pribadi)
dsc07656
Sengaja ditanam campur, biar makin cantik :D (dok. pribadi)
dsc07697
Cantik, bukan? :’) (dok. pribadi()
dsc07739
Si kuning ini mudah didapat di toko penjual bunga (dok. pribadi)
dsc07688
All time favourite! (dok. pribadi)
dsc07699
Siapa yang tidak akan jatuh cinta pada si cantik satu ini? :D (dok. pribadi)
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s